Sifu Sunadi, SE, S.Akt, SH, MH, BKP, CLA, CPL, CPCLE

Generasi ke 10 Wing Chun;

Generasi ke 2 aliran Ip Man Wing Chun

Sifu Sunadi sejak kecil sudah hobby terhadap Ilmu Seni Bela Diri.  Pada tahun 1976 beliau telah belajar ilmu Hung Gar. Kemudian belajar Karate LEMKARI, Kera, Tai Chi, Choy Li Fat , Shaolin dsb.

Sejak tahun 1982 beliau berangkat ke Hong Kong berguru dengan Grandmaster Prof. Dr. Leung Ting untuk belajar ilmu Wing Chun secara privat di Leung Ting Gymnasium – INTERNATIONAL WINGTSUN ASSOCIATION (Saat itu masih dikenal dengan nama WING TSUN LEUNG TING MARTIA-ART ASSOCIATION). Setelah belajar Wing Chun beliau tidak tertarik belajar ilmu bela diri yang lain lagi.

Karena beliau penasaran dengan tehnik ChiSaonya Grandmaster Victor Kan Wah Jit yang dijuluki Raja ChiSao dan juga merupakan ilmu Wing Chun yang Klasik serta 99% otentik yang tidak 1 pun dimodifikasi, maka beliau berguru dan belajar secara privat dengan Grandmaster Victor Kan dan sebagai murid dalam dan telah mendapatkan Sertifikat Instruktur dari INTERNATIONAL CLASSICAL VING TSUN KUNG FU SCHOOL VKVT.

Pada tahun 1983 Sifu Sunadi sudah mulai mengajarkan ilmu Wing Chun secara tertutup kepada beberapa teman.

Pada tahun 1991 dan 1992 Grandmaster Leung Ting pernah meminta Sifu Sunadi untuk mengorganisir Seminar 7 hari ilmu Wing Chun di Indonesia, namun berhubung Sifu Sunadi saat itu baru merintis usahanya sehingga tidak merealisasikan seminar tersebut.

Atas permintaan teman-teman Sifu Sunadi untuk membuka kelas umum, sehingga beliau mendirikan Institut IpMan WingChun Indonesia (IIWI) pada tahun 2010.

Kemudian beliau berguru dan belajar secara privat dengan Grandmaster Siu Yuk Men dan sebagai murid dalam yang mendapatkan warisan ilmu Wing Chun yang terlengkap dan otentik.  Sebenarnya beliau sudah lama mengetahui keahlian Grandmaster Siu Yuk Men tetapi saat itu GM Siu tidak mengajarkan ke orang, dan setelah beliau mengetahui bahwa GM Siu mulai mengajar orang maka beliau menghubunginya dan berangkat ke Hong Kong untuk belajar. GM Siu orangnya ramah dan cara mengajarnya sangat mendetil dan dapat dikatakan beliau merupakan seorang guru yang sangat luar biasa dan benar-benar mendapatkan ilmu otentik dari GGM Ip Man.  Kemudian Sifu Sunadi mengikuti sertifikasi dan mendapatkan Sertifikat Instruktur dari VING TSUN SIU YUK MEN ACADEMY dan dari VING TSUN ATHLETIC ASSOCIATION – HONG KONG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *